Saturday, July 15, 2006

Akira kena impetigo

Senin,sejak bangun tidur, di atas bibir Akira ada semacam titik merah kecil. Kami kira bintik itu cuma bekas gigitan nyamuk yang akan sembuh dalam sehari. Ternyata, pada hari-hari berikutnya bintik merah itu membesar dan terlihat ada semacam nanahnya. Karena Akira tidak mengeluh (baca: tidak menjadi rewel atau panas badannya), kami pun sangka mungkin bintik itu bekas luka gigitan nyamuk yang menjadi lecet.

Pada hari Kamis, ternyata luka memerah itu menyebar ke area di bawah hidung. Muncul pula bintik kecil di atas cuping hidung sebelah kanan. Nah lho….beneran kudu dibawa ke dokter ajah kali ya... meskipun Akira kelihatannya tidak merasa terganggu sama sekali (dalam artian tidak jadi cengeng, makan-minum seperti biasanya). Namanya juga Akira.... dulu waktu terkena cacar air saja dia santai-santai, terus panas 39,5 derajat celcius pun masih bernyanyi-nyanyi sambil tepuk tangan. Tapi bukan karena Akira tidak mengeluh, kita membiarkan penyakitnya, bukan?

Dengan ditemani Wisnu dan Ipah, pengasuh Wisnu plus Anis, baby sitter Akira, ibu membawa Akira ke dokter Handi yang praktek di RSB Duren Tiga. Kami datang jam 5-an, dapat no 19 dan baru mendapat giliran ketemu dokter jam 7.30. Akira pun sampai tertidur meskipun dia pup dan belum dibersihkan (saking kelamaan menunggu). Justru untungnya Akira tertidur, sehingga dokter bisa leluasa memeriksa. Bayangkan saja Akira dengan tenaganya yang luar biasa, bergerak ke sana kemari, tidak bakal membiarkan orang memegangi mukanya apalagi mencuil-cuil bagian yang memerah itu.

Singkat kata, dokter memeriksa dan keluarlah dakwaannya : Akira terkena impetigo.

Seberapa seriuskah penyakit ini?Sedikit perkenalan dengan Impetigo…..

Adalah: sejenis penyakit infeksi kulit (menular) yang disebabkan oleh bakteri dan biasanya menyerang anak-anak.

Gejala: mulanya bintik merah, berisi cairan atau nanah dan kemudian mengerak . Bentuknya bulat.Biasanya menyerang daerah muka (terutama di sekitar mulut dan hidung), tapi bisa juga menyerang tangan atau kaki .

Penyebab:
Bakteri streptococcus dan/atau staphylococcus aureus atau Beta hemolytic yang hidup di berbagai tempat : kamar mandi yang kotor, bah tub/bak mandi yang jarak dibersihkan, makanan basi, handuk/ baju/ pisau cukur yang digunakan penderita impetigo, bahkan di tubuh kita.
Kulit manusia memang ditumbuhi banyak bakteri,. Saat ada pemukaan kulit yang terbuka (misalkan dikarenakan luka digigit serangga atau binatang) , maka luka tersebut menjadi pintu gerbang masuknya dan tumbuhnya para bakteri sehingga menyebabkan pembengkakan dan bahkan infeksi. Namun tanpa adanya luka sebelumnya pun, dua jenis bakteri ini bisa masuk ke dalam kulit.

Komplikasi :
Kadang menjadi
ecthyma , seperti jerawat, bintil bernanah dengan permukaan mengerak yang lebih tebal dari impetigo. Biasanya menyebabkan rasa gatal, dan jika digaruk akan menyebar ke daerah permukaan kulit yang lainnya. Jika dibiarkan lukanya akan meninggalkan bekas.

Upaya pencegahan:
- Jagalah kebersihan diri dan lingkungan sekitar. (mandi teratur, cuci tangan setelah dari luar rumah, bersihkan rumah dengan cermat)
- Potonglah kuku.
- Jangan memakai handuk, baju atau pisau cukur orang lain (bahkan anggota keluarga sendiri)
- Jika ada luka/ kulit terbuka, cucilah dengan air dan sabun antiseptik.

Pengobatan :
- Luka dibasuh dengan air dan sabun antiseptik, angkat lapisan yang mengerak.
- Oleskan salep antibakteri (seperti Mupirocin, Fucidin) atau salep yang mengandung corticosteroids (seperti hydrocortisone)
- Minum obat antibiotik seperti erythromycin atau dicloxacillin

Menurut dokter sih...ini hal biasa yang terjadi pada anak-anak dan akan sembuh dalam waktu 2-3 hari. Yang penting, karena impetigo menular, jadi Andhika khususnya harus dijauhkan dari Akira untuk sementara waktu.


Referensi
http://www.skinsite.com/info_impetigo.htm
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000860.htm
http://www.dermisil.com/dermisil_i.htm
http://upmc.com


2 comments:

Anonymous said...

Mudah2an cepet sembuh ya & ga nular ke Andhika. Hebat ya akira, ga rewel. plok2

Mariskova said...

Odaijini, Akira-kun!

Hebat euy! Ini baru si giant hehehehe....

ps: blognya tambah keren euyy... *pletung!*