Tuesday, June 28, 2005

Kejutan kedua

Dua minggu setelah sandy berangkat ke Jepang, aku was-was. Lha koq aku blom datang bulan lagi, jangan-jangan... waduh! Trus dengan berdebar-debar aku belilah tes spek , dannn ternyata 'welcome to the real world!' . Bener deh, ternyata si wisnu bakal punya adik lagi!

Waktu sandy telp, aku bilang" kita dapat additional member of our family nih". dia terdiam, blom ngeh! Aku bilang lagi " Wisnu akan punya adik, yang. Gemana? senang gak?". Die diem aje, man! Akhirnya dia bilang" Gemana ya? bingung...". Jelas kita berdua bingung, dan gak cuma kita kayaknya yang bingung : ortu kita, bik onah ampe baby sitter juga bingung, pak harianto (bossku) aja bingung!

Ya namanya rejeki, terima ajalah. Malah seharusnya kita berterimakasih sama Tuhan, bukan? Kan katanya anak titipan Tuhan dan jika kita diberi kepercayaan untuk "dititipi" ya kudu nerima atuh! Cuma aja yang bikin lieur (pusing-red) karena suddenly it changes everything.
Apalagi kalo judulnya si suami lagi belajar di luar negeri, sedangkan kerjaanku sendiri di kantor lagi demanding karena understaffed, sedangkan aku tidak tinggal dengan ortu atau mertua tapi dengan ipar, sedangkan dan sedangkan yang lain sebagainya seolah banyaakkk banget yang kudunya dipikirin sebelum having another baby. Kata orang sunda: engke na kumaha? yaah terpaksa jangan nanya gemana nantinya, tapi gemana ntar aja dah! (ulah engke kumaha, kumaha engke wae!)
aku jadi teringat lagu yang orang2 kantor pernah nyanyikan waktu perpisahan Ibu Irene dan pak soer dan bu mirna: whatever will be will be, the future is not ours to see.

Jadi begitulah. Keadaan berjalan apa adanya. Kalo pas anak pertama, ke dokter kandungan berdua suami; anak kedua ke dokternya sendiri ajah, naik ojek juga bisa. Anak pertama diupacarain ama kakeknya di bali, anak kedua mah didoain ajah dari jauh. Sarapan ibu hamil anak pertama terdiri dari air rebusan kacang hijau, green salad, susu; anak kedua apa yang ada aja, kalo bik onah gak sempat bikinin, ya ketoprak di depan LIA Pramuka juga enak.

Kemudian datanglah wacana: mau melahirkan dimana? Kalo pas bulan Juni sandy ujian akhir, kan ndak bisa pulang. Ya sudah, melahirkan di duren tiga kan dekat. Ortu ku bisa nungguin. malah ibu mertuaku bilang kalo sandy ndak bisa pulang, mungkin beliau bisa nemenin. eiit.. ntar dulu, yang namanya melahirkan pan pasti pake jejeritan dan heboh, siapa yang berani deket-deket? Bapak mertuaku bilang ya sebaiknya melahirkan di jepang . Hmm.. gemana ya? berapa biayanya?

Akhirnya suamiku mulailah mencari info bagaimana caranya melahirkan di jepang. dari senior2nya ada kabar bahwa kita bisa mendapatkan uang 300 ribu yen dari pemda jepang kalo melahirkan di sana. Tapi banyak yang perlu diurus: pertama, tempat tinggal karena suamiku tinggal di single room dormitory di minezawa jadi kalo mau bawa keluarga kudu cari tempat lain. Masalahnya apato yang murah pake acara diundi dulu. Hal kedua: surat-surat , untuk mendapatkan visa dari kedubes jepang di jakarta, kita lebih mudah kalo punya letter of elligibility dari jepang. Menurut devina, temenku yang juga ikut suaminya ke jepang, kita musti punya terjemahan surat nikah dan akte kelahiran anak. Itu juga berati aku harus perpanjang paspor dan wisnu perlu paspor. Ketiga, duit! Buat apa? beli tiket pesawat, ngurus surat2, ngirimin barang2 yang akan diperlukan di sana, sama biaya hidup untuk sekeluarga.

Kita memang tidak punya info lengkap yang resmi, pokoknya judulnya nanya kesana kemari.
Waktu cari tempat tinggal, aplikasi pertama ditolak. Trus sandy daftar di foreign student house di gumyoji, walaupun cuma bisa 6 bulan karena peraturan universitas menetapkan fasilitas hanya bisa dipakai setahun; 6 bulan sebelumya kan sandy udah pakai fasilitas dorm di minezawa itu.Ternyata kita dapat undian di Gumyoji itu. DONG! berarti bisa berangkat. tapi tetep aja kita bingung, engke kumaha kalo udah 6 bulan? kalo aku cuma 6 bulan di jepang, sandy pun tidak bisa kembali ke dorm, harus cari apato dan pasti harganya mahal banget. Kalo aku melahirkan di jepang , yang ngurus wisnu siapa?

It took many'silent conversation' over the phone karena semua jenis kebingungan itu. Dasar manusia, pengen itu ini , dikasih nikmat dikit bingung, dikasih pilihan jadi pusing!
Singkat cerita, pokoknya surat2 diurus dulu. Pertama, aku mesti ngirim foto wisnu dan aku buat bikin alien registration. Motret wisnu juga mana susah banget lagi, pake acara kamera di fuji foto rusak, cari tempat foto lain wisnunya ngadat! Aduh mak.

Rencana berangkat pertengahan april, tapi ternyata alien registration baru jadi awal april sekitar tanggal 6 setelah 2 bulan menunggu. Trus nunggu dikirim ke jakarta dua hari, baru bisa ngurus visa. Konyolnya, pas ngurus visa, formulir yang untuk wisnu tidak aku tandatangani jadinya kudu balik lagi besoknya. Pas ngambil visa hari senin tgl 18 April, duitnya kurang lagi! Bokap nelpon ke hp aku lagi rapat. Sesudah rapat, sekitar jam 3 baru dikasih tau bahwa bokap tadi telp. Padahal dubes jepang tutup jam 4! Aku lari2 ke bag sdm pinjam mobil untuk diantar ke bank mandiri utk transfer duit. Ya sudah ternyata bisa transfer!Phew!

Selasanya, 19 April ke agen tiket pesawat. Sudah pesan lewat telp ke beberapa agen tiket, pas mau confirm harga berubah. DUH! Semula uangnya cukup untuk beli tiket roundtrip open ticket one year untuk wisnu dan aku. Ternyata harga tiket untuk wisnu berbeda, katanya kalo beli tiket round trip setahun open kudu pake child fare karena sekarang dia sudah usia 18 bulan dan pulangnya nanti sudah diatas 2 tahun jadi masuk kategori child fare. Gak bisa kalo berangkat infant fare dan pulangnya child fare.Ya sudah, jadi beli aja tiket one way utk wisnu biar bisa harga infant. Uangnya mepet bo! Itu aja sebagian dibayar pake kartu kredit mandiri. Pemakaian perdana, karena baru bulan itu juga kartu kreditnya diterima. Dasar orang jawa, aku masih bisa nyegir sambil bilang" yah, untung masih bisa".

Setelah tiket di tangan, berarti positif berangkat kan? Baru deh aku beres2 koper. Pusing! Perasaan baju untukku bawa cuma 4 lembar, untuk wisnu udah dibatesin, untuk calon adiknya juga udah dikurangi sebagian dengan dikirim lewat pos laut... masih ajah tuh koper 40 kilo!
Gawat nih overloaded nanti di bandara? Apa kata?

Pikir punya pikir, akhirnya nekad nelp temennya sandy mas belis tanya extra luggage bayar berapa. ternyata mas belis sedang di luar kota, dia malah nelp anton untuk ngasih tau apa2 yg bisa "dibantu" di bandara. He..he..he.. pokoknya ternyata banyak yang nolongin deh (I can't publish it here for details).

Pada hari kebrangkatan, banyak yang nganter: bokap-nyokap (dah pasti dong), bu nani, mbak yudi dan bang ivan, kak aan dan fia, si guruh (driver nya pak har diminta bu yayuk kabid keu kantor untuk nganter). Bik onah dan nur bercucuran air mata-- karena seneng kali ye yg suka cerewet bakalan ngungsi beberapa lama.

Wisnu sempet sakit panas lagi, sebelum berangkat. Paginya aku sempetin ke dokter Sri enggar dulu di deket rumah. Jangan2 si wisnu pengen pamitan ama dokter andalannya. Abis tu dokter obatnya cespleng banget!

So that's it. Kita tiba di Narita, seperti mimpi. Di gate keluar, aji udah nunggu. Aku sempat tercenung-- serasa mimpi. Kaki seolah tak berpijak di bumi tapi di negeri antah berantah dengan sejuta perasaan. Apalagi waktu wisnu mengenali babenya-- duh aku tadinya khawatir dia bakalan manggil oom instead of 'aji' saking kelamaan gak ketemu. Ternyata tidak. Aku menarik nafas, here we are.. open another new page of our lives. Come what may!

1 comment:

Zule Bernardi said...

For the mothers to be...

(to Kenny my friend, who encourage her self with passion and love for her family..to stay in Japan and leave Jakarta with bravery and full of responsibilities..)

Ibu..
Terharu…banget baca diary nya..yang terbaik dari satu tulisan adalah membuat si pembaca terlibat emosi di dalam cerita itu sendiri. Hebat, salut, what else..??? Mungkin ini cerita hanya sebagian dari perjalanan panjang perjuangan Kenny untuk mengalahkan emosi untuk tetap tinggal dan bekerja di Jakarta atau pergi ke Jepang bergabung bersama suami serta melahirkan dan mengurus keluarga..what a difficult choice !! Sekali lagi Respect to Kenny buat pilihannya. keputusan yang tidak mudah..karena gw tahu banget behind the story of that.. …May God give you more than what you sacrifice. Terus semangat begitu Ken..Karena kesempatan tidak pernah menghampiri untuk kedua kali, karena umur tidak pernah berhenti, karena melihat dunia bukan suatu yang sia-sia, Karena gw juga tahu bekerja juga sesuatu yang indah, membuat semangat hidup menyala, bikin pikiran dan wawasan terbuka, teman jadi bertambah.

Someday you will know..and I’m glad if you will not say sorry for what happens in this time..RESPECT and Proud of You..NO Doubt !!!

(miss you much love from Mamah Eha,Papah Arry, Azka & Ameera..)