Monday, August 14, 2006

Diledek teman: memaki atau apa?

Jaman masih muda, kalo lagi ngumpul sama temen-temen deket, judulnya pasti cela-celaan. Bukannya apa-apa, rasanya kok ya gak sreg kalo gak ngeceng-in sohib. Tapi, walaupun udah kenal lama tetep aja kadang ada komentar-komentar mereka juga yang rada nge-bete-in. Dan itu lah, karena komentar itu dilontarkan oleh sohib, jadi ya paling cuma bisa nyengir sambil merutuk.

Sepanjang ingatan saya, ada beberapa komentar para sohib itu yang memang rada-rada deh.

Sohib A: ken, katanya kau menikah dengan orang Bali ya?
Saya : iye, napa emang? (siap-siap menerima ledekan)
Sohib A : enak dong, sekarang bisa makan babi
Saya : X(

Saya : B, Tell you what, I’m conceiving my third baby
Sohib B : Didn’t you just deliver your second baby ?
Saya : yes, well..rr….actually six months ago…. (pasang kuda-kuda )
Sohib B: Are you a rabbit or what?
Saya : X(

Sohib C : Wisnu berat badannya berapa emang?
Saya ; 11 kg dari umur 2 tahun ampe sekarang konstan
Sohib C : yak ampun, kagak dikasih makan apa? anak gue umur 10 bulan aja udah 14 kg
Saya : X(


Kalo dipikir-pikir tiap saya ini kurang efektif dalam memilih kata-kata untuk memaki. Makian favorit saya adalah : Muke lu jauh! Coba aja terjemahin kalimat itu dalam bahasa lain, pasti esensinya tidak kena. Apa coba ? Your face is far away? Elehhh….Kenapa juga yang disebut muka, bukan tangan atau kaki atau bagian tubuh lainnya? Tapi , jangan salah ! Rasanya puas banget bisa melontarkan kalimat itu pada saat bete atau terpojok dengan ledekan temen.

Nah, selain kalimat ajaib itu, sering juga rasanya saya mengunakan kata “dodol”. Lah, padahal dodol itu kan manis dan enak, kenapa juga dijadikan sumpah serapah? Kenapa bukan “jengkol” yang nota bene menghasilkan bau atau jenis panganan lain yang bisa menggambarkan predikat yang jauh lebih buruk dari makanan manis nan legit si dodol itu? Tauk dehhh...

Mungkin ada sebagian orang yang memaki dengan nama binatang. Kasar? Tergantung ! Binatang apa dulu yang disebut! Kalo kuya (kura-kura—red) atau ubur-ubur atau capung? Apa kudu sakit hati? Kadang malah karena sudah kehabisan nama binatang yang ajaib-ajaib itu, saya seringnya mengakhiri rutukan dengan kalimat “orang bukan luh?” yang jelas-jelas sangat tidak efektif dalam memaki.

Ibu saya, kalo sudah jengkel bin mangkel sama orang, pasti otomatis berucap "begeg", yang merupakan kata tanpa arti. Bener! Itu kata karangan ibu saya, dan bukan berasal dari bahasa Indonesia ataupun sunda. Asli tidak ada artinya, tapi sangat kerap digunakan dalam segala macam kondisi dan pada siapa pun. Dan yang istimewanya, kata ini bisa disebut dengan keras oleh ibu saya untuk melegakan ke-bete-annya tanpa khawatir orang lain sakit hati, namun malah jadi sadar dan merubah sikapnya menjadi bentuk yang diinginkan ibu saya. Cihui bukan?

Aji, jarang merutuk apalagi sumpah serapah orang. Paling kalo dia diledek habis dengan teman dekat atau saudara yang keluar adalah cuma kata "uuuhh..dasar !". Udah titik. seringnya malah bukannya membalas, malah mengafirmasi ledekan orang tersebut sambil tertawa-tawa. Herannya orang (termasuk saya) jadi malas meledek, karena sikap penerimaan terhadap ledekan itu sungguh mematikan semangat.

Tapi saya tidak akan pernah bisa lupa, seorang sahabat yang kini tengah merantau, kalau dijadikan bulan-bulanan oleh teman-teman, dia malah tertawa terbahak-bahak. Cara ketawanya itu lho...., ada ritmenya sehingga kita berhenti meledek karena tertawa terpingkal-pingkal sampai meneteskan air mata mendengar gayanya tertawa.

Nah, coba kawan, bagi cerita apa senjata kalian dalam dunia perledekan ini. Dev? Niken? Eha? Jim?

3 comments:

Niken said...

Walaah..ibu Kenny, baru selese ngerjain peer, udah ada peer lagi nih. Ga mau kalah ma guru disini ya, kasih peer natsuyasumi ke anak2? Ntar ya, aku inget2 dulu, skrg aku udah jrg nyela2/dicela temen2 sih...

Mariskova said...

Tamppooollll........ ajah.

IrA said...

hihihi..bukan seneng ketemu temen deket yg dah lama gak ketemu malah bikin bete yah..sama deh ama mamanya Hikari Tampooollll aja...