Wednesday, May 23, 2007

Dunia Anmud

Rasanya saya seprti orang yang sudah tua sekali dan ketinggalan jaman kalau nonton MTV atau mendengarkan musik anmud (anak muda-red) sekarang. Yang ada di pikiran saya adalah: musik kayak gini enak emangnya? Kemudian yang terbayang adalah masa saya remaja berteriak-teriak menyanyikan lagunya Cranberries yang kemudian disemprot emak saya karena nada yang saya nyanyikan betul-betul off-tune --bukan karena emak saya tidak berselera Cranberries.

Pernah saya bete abis, pada waktu mengajar kelas Introduction to Cross Cultural Understanding untuk 62 mahasiswa yang mulutnya kompakan tak mau diam. Ternyata saya sendiri harus mempelajari "budaya anak muda", ketimbang menyampaikan materi kuliah. Bayangkan saja, mahasiswa yang presentasi bukannya berdiri di depan kelas dengan tegak dan serius karena sedang dinilai oleh sang dosen macam saya (yang pura-pura baik padahal pelit nilai), malahan berdiri sedikit menungging dan menggal-menggol seraya tangannya bersender ke meja plus ngocol pula dengan memperkenalkan anggota kelompoknya bak presenter acara santai. Parahnya pertanyaan yang saya ajukan malah dibalas dengan seloroh "menegetehe"... sambil cengengesan.

Ternyata saya memang harus bisa masuk ke dunia mereka. Mau tidak mau. Meskipun otot leher saya kejang karena menahan napas dan gigi merapat ingin menggigit mereka. Heran, padahal saya juga belum tua-tua amat. Kenapa serasa masuk ke lorong waktu yang berbeda ? Kalau ada rekan kerja yang berkomentar " anak muda sekarang kurang ajar, gak ngerti sopan-santun", terus terang saya juga tidak setuju. Saya pikir tadinya saya juga msih cukup muda untuk dianggap "anak muda". Hihi. Ternyata dunia mereka pun sudah tak saya pahami.

Pada waktu saya mencari inspirasi untuk makalah untuk disajikan di konferensi pengajaran bahasa, yang terlintas dalam pikiran saya adalah : kenapa gak present tentang perkembangan bahasa inggris dalam sms anak muda indonesia. Bisa dijadiin disertasi tuh malah! Welehh..
Pikir-pikir...saya aja masih suka keriting kalau bersms dengan mahasiswa/i saya.

Bagaimanapun caranya saya harus menyamakan modulasi dengan mereka . Daripada sakit hati karena generation gap, ya udah ikuti aja gaya mereka yang seenak udel. Coba lihat gaya sms saya dan salah satu dari mereka:





ma'am. lg dm?

MTAC... NP?

ujian susulan kpn? kok AGJ??

ICDA ..kan dah ditempel di pengumuman??

BTW ma'am, bhnnya AA GYM GTL.. byk BGT! :0 semua tuh ma'am? ABCDEF :-@ :'(


yup semua. KDL :p GTG. HND.

YSL. TVM ma'am. Dont miss me. JK.


YW. EGPGTL :-D* T2UL



Nah.....anda mengerti rasanya jadi anak muda seperti saya???


Note : anda perlu penerjemah sms tersumpah? saya bersedia lhooo...

MTAC = mau tahu aja ciih
NP = napa, kenapa
AGJ = agak gak jelas
ICDA = ih capek deh ah
BTW = by the way
AA GYM GTL = agak agak gemana geto loh
BGT = banget
:0 = teriak, kaget
ABCDEF = aduh bo capek deh eke frustasi
:-@ = menjerit
:'( = menangis
KDL = kesian deh lu
:p = mengejek
GTG = got to go
HND = have a nice day
YSL = ya sudah lah
TVM = thank u very much
JK = just kidding
YW= you're welcome
EGPGTL = emang gue pikirin gitu loh
:-D* = tertawa terbahak-bahak
T2UL = talk to you later

No comments: