Wednesday, January 24, 2007

Kompetisi membuat tumpeng

Yang namanya nasi kuning itu identik dengan perayaan di dalam budaya Sunda (abis jaman dulu kan gak ada kue tart), Namanya juga tradisi, jadi kita masih pertahankan. Bahkan waktu di Yokohama pun kita rela naik kereta berjauh-jauh mencari Asian store demi menemukan kunyit or nasi kuning India.

Terakhir kali kami bikin nasi kuning itu sudah lama, yaitu ultah Wisnu. Tanggal 13 Januari lalu, Nini ultah yang ke-68 dan semua anak cucunya berkumpul di rumahnya. Berhubung Nini sedang tidak ada pembokat, jadinya ibu kebagian bikin nasi kuning. Heboh juga ternyata urusan pernasi kuningan ini...secara pengen dong memberikan tumpeng yang indah (catet: gak pake mahal). Puter-puter otak jadilah kayak begini.

Caranya?Nasi kuning dicetak pake cetakan bentuk kerucut, trus kacang panjang dikepang untuk sekeliling tampah, n untuk hiasan tumpengnya siiih wortel, timun dan cabe lah yang dipotong cantik. Angka 68 itu ibu buat dari tempe yang dipotong n digoreng. Hehhe..abis kan kalo beli lilin lagi yang berjumlah 68 gitu pagi-pagi kan susah!

Berselang beberapa hari kemudian, kakak Azka akan ultah (tanggal 23). dulu-dulunya yang biasa heboh bikin kue untuk ultah kakak Ameera n Azka kan si wawa. Nahhh... kali ini ibu ngeracunin tante Eha untuk bikin nasi kuning buat ultah nya Azka. dan berhasil deh (bukan racunnya yang berhasil, tapi tumpengnya sukses!)


Ini tumpeng pertamanya Tante Eha lho!
kalo Tante Eha, punya cetakan tupeng lain rupanya, jadi bertingkat kayak menara. Trus si tumpengnya dikasih lilin panjang-panjang sekelilingnya berjumlah 9 sesuai dengan usia Azka. Hebat khann..???

Ayooo para ibu-bunda-mama-mommy yang lain....silakan pemer kreasi tumpengnya ....

2 comments:

Niken said...

iya ya...bikin tumpeng pasti seru ya..pake cetakan onigiri bisa ga ya? hehehehe

Anonymous said...

I... passed!