Tuesday, September 20, 2005

ABCD (ABRI Bukan Cepak Doang)

Sekitar tahun 1990-an ngetop banget kan istilah ABCD ini buat ngecengin mahasiswa baru yang lagi diplonco 'n kudu ngebotakin rambutnya. Nahhh..keluarga kami ini bukannya masuk militer semua, tapi .... potong rambut di Jepang mahal euy!!!

Aji sandy, contohnya cuma berani potong rambut di Indonesia, jadi sesudah 3 bulan di Jepang, pulang ke Indonesia cukur rambut karena mau ketemu sodara2 pas hari Natal di rumah mbak Yudi. Balik ke Jepang, tu rambut gondrong sampai ibu dan wisnu datang. Akhirnya cukur rambut juga di Gumyoji pake cari yang paliiing murah 1500 ehh tukang cukurnya gak ngerti kalo kita mintanya cepak lagi! Mana motongnya gak jelas gitu modelnya.

Setelah Akira lahir dengan rambut gondrongnya dan ternyata kulit kepalanya penuh cradle cap, dan Wisnu kelihatan kegerahan karena garuk-garuk kepala terus (yang pasti dia tidak sedang berpikir pada saat garuk2 kepala) selain itu persediaan shampoo bayi sudah habis, mulailah ibu hunting pisau cukur. Pucuk dicita ulam tiba, di Akachan Honpo ada tuh alat pencukur rambut dan tdak terlalu mahal.

Coba lihat foto dua anak gondrong.
Awalnya aji Sandy ragu-ragu mencukur. Dasar ibu nekad, awalnya mulai nyukur jambangnya aji. Trus karena gak tega kalo hasilnya pitak kiri-kanan, jadilah Akira yang dijadikan target. Ternyata??? Emang bener jadi pitak... Aduh, maaf ya Akira... Akhirnya aji turun tangan dehhh mencukur Akira hingga 3 cm.
Ini hasilnya.

Sesudah Akira, ibu melirik Wisnu. Coba tebak apa kata Wisnu? "Nggak,nggak" sambil geleng-geleng kepala. Yahhhh... Wisnu, kan kalo gagal itu namanya proses belajar,nak. Aji sudah hampir give up dan membatalkan niatnya. Ibu insists. "Sini, Wisnu peluk ibu, biar aji potong rambutnya, biar nggak gerah." Wisnu sempat menangis ketakutan mendengar suara pisau cukur itu. Tapi lama-lama..eeeh keenakan. Apalagi sambil liat kaca dia liat wajahnya kok jadi terang. Inilah cukuran 6 cm.


Dan akhirnya aji mencukur rambutnya sendiri. Bravo!!! Tapi ini beda modelnya; cepak 12 cm.


Nahhh..kan kalo begini tinggal ibu yang potong rambuttt...

3 comments:

Anonymous said...

wah gak nyangka si aji punya bakat jadi
tk cukur profesional. salut deh. Boleh juga tuh bakat
diasah, kan bisa cari uang tambahan di jepun.
Mahasiswa indonesia yg di jepun bisa jadi pelanggan
tetap dgn harga yg miring. wah bisa buat uang susu 2
unyil. hahahaha....

Waroeng Ophoeng said...

Wah.... salam kenal ya, pakabar? Dah makan?

Saya lagi nyari istilah ABCD - ternyata oom Google kasih ke posting anda.

Sekarang udah lewat 8 tahun sejak anda posting, tentu anak-anak, Wisnu dan Akira, sudah pada besar-besar ya.

Masih mukim di Jepang-kah?

Salam,
Ophoeng

Waroeng Ophoeng said...

Wah.... salam kenal, pakabar? Dah makan?

Saya cuma kesasar ke sini, lagi nyari istilah ABCD. Oleh oom google dikasih link ke blog anda.

Menarik sekali ceritanya. Anak-anak, Wisnu dan Akira tentu sekarang sudah pada besar. Apakah masih dicukur model ABCD oleh ayahnya?

Salam,
Ophoeng