Friday, June 23, 2006

"samson" "giant" Akira


Tanpa terasa, Akira sudah berumur 1 tahun sekarang. Bukan bayi kecil lagi, tapi bayi besar. Si Giant atau Samson, begitulah kami memanggilnya belakangan ini. Ukuran badannya sebenarnya tidaklah overweight, tapi kalo lihat grafik pertumbuhan anak laki-laki, berat badannya sewaktu lahir berada di garis paling bawah...eh sekarang ternyata lompat di garis paling atas.


Memang makannya banyak? Ah..banyak itu kan relatif. Buktinya ibu yang makan tiada henti bak sapi yang memamah biak dan berusus 4, susah sekali naik berat badannya. Kalau ditanya apakah makannya Akira sedikit, kok ya gak juga karena sehari dia bisa BAB (Buang Air Besar) beberapa kali dalam volume banyak pula.

Si Giant ini ternyata juga tidak kegemukan sehingga susah bergerak. Wong waktu main di KFC Kemang, yang paling semangat memanjat undakan tangga adalah Akira, bukan Wisnu. Sehari-hari pun kalau mau memakaikan baju atau membasuh Akira, layaknya bergulat dengan ulat nangka (yang gak mau diam) bertenaga besar. Belum lagi kalau kita tidak terbiasa menggendongnya, Akira senang melompat-lompat dalam gendongan kita sampai-sampai celana dan popoknya terlepas. Kalau mau tidur, sibuk membanting diri ke sana ke mari; bahkan kalau dicoba ditidurkan di kamar ibu dan aji, semua barang yang ada di sandaran kepala seperti buku-buku habis dilempar dan disobek. Wisnu pun sering menjerit kesakitan saat tidur bersama karena tertindih atau disepak oleh kaki Akira yang gempal. Pagi-pagi, jam 5 subuh, begitu bangun Akira akan menampar orang yang berbaring terdekat dengannya sebagai ucapan selamat pagi (seringnya sih ibu) atau menjatuhkan diri dari atas spring bed ke atas badan ibu yang tidur dengan kasur tambahan di lantai. Siapa yang gak bakalan bangun karenanya?

Soal suara juga bisa dibilang paling keras dan lantang. Entah dia berkicau apa, tapi rasanya kalo gak teriak bukan Akira namanya. Apalagi kalau Wisnu dan Alexa sedang bertengkar dan menangis, Akira biasanya menimpali dengan suara keras "HEH" dan melotot pula.

Hal yang aneh buat kami adalah minatnya pada program khusus anak dari stasiun TV NHK Jepang. Sewaktu di Jepang memang Wisnu pasti menonton acara anak-anak dari NHK minimal sehari dua kali dan biasanya Akira nimbrung menonton atau mendengar dari ruang makan sambil disuapi atau disusui. Begitu kami kembali ke Jakarta, Tante Niken yang baik hati memberikan DVD rekaman acara tsb. Nah yang getol menonton DVD itu malah Akira, dan kalau menonton sampai tak berkedip plus marah jika ada yang menghalangi pandangannya. Seolah-olah dia mengerti bahasa Jepang saja, karena sering senyum-senyum atau mengangguk saat pembawa acara mengatakan sesuatu. Kalau kita pasangkan DVD baby Einstein, rentang konsentrasinya tidak sepanjang kalau nonton Inai-inai Ba atau Okaasan to issho.

Keunikan Akira juga adalah kalau dia jatuh atau terbentur sesuatu, dia tidak serta merta menangis. Seringnya kepala yang terantuk itu dia garuk-garuk (bukannya kesakitan tapi gatal , kali ya?). Pun kalau sedang belajar merangkak atau jalan, dia terjatuh, badannya seolah sudah siap berkelit (kata aji : Akira sudah tahu teknik menjatuhkan diri seperti di Aikido) sehingga jatuh dengan agak-agak salto dikit. Hal yang gak bakal ibu lupa waktu vaksinasi di Ward Office kanagawa, semua anak bayi minimal menjerit atau menangis saat divaksinasi, nahh...giliran Akira, dia cuma menggeram sambil melotot--gak ada air mata. Dasar Samson. Dan itu terjadi beberapa kali sehingga sulit dianggap seuatu kebetulan.

Wisnu memang rada sentimen sama Akira; mainan miliknya tidak boleh dipakai Akira, sedangkan mainan Akira menjadi properti Wisnu. Dulu Akira sering didorong sehingga tersungkur, sekarang paling dihardik "Ade Akira, jangan ya, ini punya Bli Wisnu nanti rusak". Tapi ada kalanya Akira ngotot meraih mainan tertentu, dan dengan tenaganya yang lumayan besar merenggut mainan dari tangan Wisnu. Kadang malah Wisnu diterjang hingga menangis kesakitan. Wisnu yang badannya gepeng dilewati buldozer macam Akira, ya jelas kesakitan.

Nah baju lungsuran Wisnu yang dipakai Akira (mentang-mentang anak ke-2 yah?) juga tidak semua muat di Akira --karena posturnya berbeda. Kayaknya ukuran badan mereka sebentar lagi akan sama.....dan alamat berantem berebut baju dah judulnya!!

3 comments:

Mariskova said...

Hahaha... si bayi sudah jadi buldozer ternyata :)

IrA said...

Hihihi kasihan bli Wisnu-nya, jadi gepeng gara2 Akira..(met Ultah yah..dd Akira dari kk Bila) "moga sehat dan kuat selalu seperti buldozer (hihihi), tapi jgn nabrak bli wisnunya yah!!"

Niken said...

Hehehe..Berani ya mbuldoser bli Wisnu yg gepeng sampai tambah gepeng gitu! Adiknya siapa dulu dong!!
Met ultah ya!!