Friday, October 27, 2006

Holiday season


Berkat lebaran datang, pembokat dan baby sitter pulang, bonding kami jadi lebih kuat. Pagi-pagi ibu kebagian mandiin Akira sedangkan Aji mandiin Andika dan Wisnu. Sesudah itu Aji giliran mandi, sembahyang sementara Akira sudah nangkring di depan lap top siap nonton DVD sambil sarapan pagi. Sepanjang hari, ibu dan Aji gotong royong ngejar-ngejar Akira yang sedang kalap masukkin segala macam benda ke mulutnya, menangani tantrum Wisnu yang meledak tanpa alasan jelas, teriakan Andika yang kegerahan tidur di boxnya di kamar sebelah Pokoknya : seru deh!

Tanpa lebaran, ibu berangkat kantor diiringi jeritan dan lolongan Wisnu dengan kalimat favoritnya " mau ikut ibu..huhu..", dan pulang kantor digelayuti oleh Akira dan Wisnu yang bertengkar memperebutkan ibu sehingga untuk adilnya ibu pilih menyusui Andhika (wait until Andhika can talk --entah gemana caranya ntar). Yang lebih parah, aji yang berangkat pagi--kadang Wisnu blom bangun dan pulang malam saat anak-anak sudah tidur--karena paling pol semua tidur jam 8 malam. Kadang ibu pun dah tak sadarkan diri sewaktu aji pulang, pagi hari pun rusuh tak sempat ngobrol, di kantor pun jarang bisa telepon-teleponan karena jadwal senggang yang gak kompak Aji; rapat-ibu tidak, ibu rapat-Aji tidak, makan siang ibu biasanya keluyuran ke Sub Dit lain dan hp ditinggal di ruangan.

Jadi, walau gak ikut lebaran, kami ikutan makan dan kumpul-kumpul dan dapat berkah melayani anak sendiri (walau kelimpungan dan teler berat kecapekan) dan jadi babu di rumah sendiri --nyuci,nyapu, ngepel, cuci piring.

Kalo di Jepang ngurus rumah tidak terlalu bikin senewen karena tanggung jawab cuma meliputi apato 2LDK satu kamar tidur, kamar tamu dan kamar makan plus kamar mandi n toilet plus kamar kerja Aji. Catatan tambahan : tidak ada semut atau serangga keliaran walau Wisnu menumpahkan gula satu toples atau makanan lain. Di jakarta, judulnya beda-- 2 kamar tidur yang acak-acakan melulu, halaman yang bertanaman yang kudu disapu n disiram plus ruangan lain yang endlessly diberantakin dan ditumpahin makanan dan minuman dan langsung diserbu semut. Belum soal kucing liar yang hobinya pup di pekarangan ato ngacak-ngacak mrajan (tempat sembahyang) dan cari-cari kesempatan minum di kolam Koi yang tinggal dua biji. Halahhhhh..... mana mesin cuci nyedot listrik gede banget, jadi daripada bayar listrik mahal...kucek deh tuh baju yang segunung! Nyeterika? heh..ntar dulu deh! Baju rumah mah lipetin ajah, daripada baju yang baru kering blom sempet diseterika kudu dipake lantaran Wisnu dan Akira lagi seneng-senengnya maen kotor-kotoran n ganti baju berkali-kali dalam sehari.

Tapi ada yang tak terbeli: waktu bersama anak-anak! Kayaknya Aji dan Ibu baru nyadar: Andhika dah bisa tengkurep. Akira walaupun dah kenyang makan nasi, mulutnya tak henti ngunyah cemilan dan segala macam benda yang tergeletak di lantai. Wisnu walau sering bentak-bentak Akira, sering juga ngajak main dan berlaku selayaknya kakak: mengajari Akira " ini kereta 'de, jalannya ngeng-ngeng, gini nih bli Wisnu kasih tahu jalannya, lewat sini ya...nah gitu, jangan lewat sana, sini...." dan juga menasihati " Akira, kakinya jangan kena kepala ade Andika! Andika sakit dong!".

Tiga hari lagi, pekan libur lebaran usai. Kembali ke rutinitas, sementara berharap si pembokat dan baby sitter kembali segera. Otherwise.....kudu cuti dah ibu !

3 comments:

Niken said...

Lagi kerepotan ditinggal pembantu & baby sitter mudik ya. Tp ada bagusnya kan, jd tau perkembangan anak2 hmmmh...Andhika udah bisa tengkurep?? Akira doyan makan & masukin brg ke mulut? wah..wah..

Anonymous said...

Hmmh... repot bener ya... Btw, fotonya uapik tenaaan....

IrA said...

ngebayangin gimana mbak Kenny dan mas Shandy repot bgt krn si mbak dan baby sitter mudik...

Wisnu dah pinter yaa jadi kakak yg ngemong