Friday, December 02, 2005

Hazawa Minami Kaikan

Anak2 di Yokohama masuk Tk pada umur 3 tahun. Untuk anak2 yang di bawah 3 tahun ada kegiatan yang bisa diikuti.

Pertama, biasanya di setiap wilayah Ward Office memiliki Chiku Senta (Balai Rakyat) yang menyediakan play room seperti ini :
yang berisi prasarana bermain seperti berbagai macam mainan (dari balok, mobil2an, boneka, lego) dan perpustakaan anak-anak, serta hall besar untuk acara khusus sebulan sekali (menyanyi bersama/lomba lari). Ada banyak sekali anak2 yang datang ke hall ini dan bermain bersama. Tentunya juga ada banyak sukarelawan (biasanya kakek2/nenek2) yang menemani bermain atau menjaga bayi supaya ibu2 yang membawa lebih dari 1 anak bisa menemani anaknya bermain.


Kedua, jika wilayahnya terlalu besar (seperti Kanagawa, tempat kami tinggal), biasanya ada Kaikan di wilayah setempat (setingkat kelurahan mungkin ya?). Untuk kegiatan di Kaikan ini, kalau menjadi anggota biasanya dikenakan bayaran. Tapi bagi yang ingin datang sebulan sekali pada minggu ke-3, tempat ini terbuka bagi umum; GRATIS. Anak-anak kita bisa bermain 2 jam dan bersosialisasi dengan anak2 lain, sedangkan para ibu2 jika bisa berbahasa jepang atau jika kebetulan ada yang bisa berbahasa Inggris bisa ikutan bergaul deh.

Sedikit tentang Hazawa Minami Kaikan; anak-anak bermain pada setiap hari Jumat dari jam 10.30-12.00. Yang menarik dari Kaikan ini, sukarelawannya benar2 sukarela. Mereka tidak segan membantu satu sama lain, contohnya kami pernah diantar dengan mobil ke Ward Office padahal kami baru pertama kali datang ke situ dan bukan member pula! Selain itu, di penghujung acara, biasanya anak2 disuguhi snack dan teh, meskipun kita bukan member pun diberi juga! Ketiga, pada hari Jumat tertentu biasanya anak2 bisa bermain di taman.



Dan seperti anak-anak lainnya, Wisnu paling senang main perosotan, ayunan, memanjat dan bermain pasir. Lihat dooog... Wisnu sudah berani bermain sendiri, agak jauh dari ibu.


Kalau di Jakarta, kami tidak punya fasilitas dan kebaikan hati para relawan seperti di sini. Jadi... sepertinya kami masih punya waktu 4 bulan untuk menikmatinya.

No comments: